Takbiran Keliling

DSC_7749

Allhamdulillah bulan Ramadhan telah terlewati, hanya harapan kepada yang kuasa atas semua ibadah yang dilakukan di terima hendak nya, amin….
Tahun ini Untuk kesekian kalinya Harus tertunda untuk pulang kampung untuk mudik lebaran 🙂 , meskipun demikian, dimana pun merayakan lebaran hendaknya bergembira saja.. 🙂 seperti hari ini, semua orang bergembira menyambut kedatangan Idul fitri, Kemeriahan arak arakan pawai takbir di tanjung uban, cukup menghibur dan sejenak terlupakan kesedihan untuk tidak mudik he he. :p

1 syawal di peringati umat muslim di kenal sebagai Hari raya Idul Fitri bagi Umat Muslim Setelah menjalankan Puasa selama satu bulan di Bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan (bulan pada kalender islam), umat muslim di wajibkan untuk berpuasa menahan lapar,haus dan hawa nafsu mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari , dan 1 Syawal adalah Pundak dari ibadah Puasa Tersebut.
Pada malam Puncak Ramadhan, Umat muslim bersuka ria menyambut kedatangan bulan Syawal atau Hari raya Idul Fitri, dengan mengumandangkan Kalimat kalimat takbir dan tahmit yang merupakan Kalimat kalimat Pujian untuk Allah sebagai ucapak rasa syukur setelah menjalankan Ibadah puasa, dan dengan takbir tersebut diharapkan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah.

Pesrta takbir di dalam mobil hias peserta takbir

Pesrta takbir di dalam mobil hias peserta takbir

Salah satu Kendaraan Hias

Salah satu Kendaraan Hias

Kegiatan bertakbir umumnya dilakukan di setiap Masjid atau Mushalla, namun ada tadisi unik yang umumnya ada di sebagian besar daerah di Indonesia, Yaitu kegiatan takbir dilakukan secara berkeliling secara berkelompok menggunakan kendaraan. Setiap kendaraan yang mengangkut peseta takbir dilengkapi dengan pengeras suara dan kendaraan tersebut dihiasi sedemikian rupa hingga Terlihat unik dan menarik.

Arak arakan kendaraan peserta takbir

Arak arakan kendaraan peserta takbir

Peserta takbiran terdiri dari beberapa orang mewakili Masjid, Mushalla atau bahkan kelompok warga sebuah kampong, Dalam tiap kelompok terdapat beberapa orang penabuh bedug dan beberapa orang pengucap takbir.
Kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat di malam menyambut hari raya Idul Fitri, Terkadang kegiatan ini juga di fasilitasi oleh pemerintah daerah setempat dalam bentuk sebuah event lomba pawai takbir, Peserta yang penampilan kendaraan hias yangpaling menarik dan irama takbir yang kompak akan menjadi pemenag dalam lomba ini.

DSC_7737

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s