Pesona Bukit Kayangan Kerinci, Sebuah Negeri Diatas Awan.

Puncak Bukit Kayangan
Puncak Bukit Kayangan

Puncak Bukit Kayangan

Keindahan Alam tanah Kerinci memang tidak bisa dilupakan oleh setiap orang yang mengunjunginya, hampir setiap orang yang datang ke negeri yang konon mendapat julukan sebagai atap Sumatra ini, berkeinginan untuk selalu ingin kembali mengunjunginya. Potensi keindahan alam yang  termasyur, ragam budaya dan bahasa yang unik, keramahan penduduk tempatan, serta kuliner yang memanjakan lidah, seakan menciptakan sebuah harmonisa yang indah untuk dinikmati para pelancong.

Dari Puncak bukit Terlihat Gunung Kerinci di Kejauhan

Dari puncak bukit Terlihat gunung Kerinci di Kejauhan

Adalah bukit kayangan, merupakan salah satu dari keindahan kerinci yang wajib teman teman jajaki bila teman teman berkenjung ke Kerinci. Bukit kayangan adalah sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian daerah di kerinci. Terletak di Desa renah kayu embun, tidak begitu jauh dari pusat kota Sungai Penuh, Puncak bukit kayangan (± 1500 mdpl) dapat di tempuh dengan waktu ±30menit dari pusat kota sungai Penuh, teman teman bisa mencapainya dengan kendaraan sepeda motor atau mobil. Hampir 75% jalan menuju ke bukit kayangan dalam keadaan aspal yang mulus, namun setelah beberapa ratus meter dari gerbang masuk Bukit kayangan sisanya masih merupakan jalan tanah berliku liku dan berbatu.

Desa Renah Kayu Ambun

Desa Renah Kayu Ambun

Sepanjang perjalanan menuju puncak, rekan rekan dapat menikmati indahnya pemandangan deretan bukit barisan serta tatanan ladang ladang masyarakat tempatan, semakin mendaki maka akan semakin terlihat kota sungai penuh, hamparan sawah dan penampakan danau kerinci dari kejauhan. Rasa penasaran akan terbayarkan ketika teman teman mencapai puncak, sungguh pemandangan yang luar biasa, bila cuaca cerah rekan rekan dapat menyaksikan kota sungai penuh, Danau kerinci dan danau kerinci dengan jelas dari kejauhan, ragkaian bukit barisan, perkebunan di lereng dan sela bukit, liku liku jalan yang teman teman lewati terlihat di pinggir bukit terlihat sangat indah. 9195498561_3322a4a85d_c View dari puncak bukit kayangan

Saat kabut menyelimuti perbukitan

Saat kabut menyelimuti perbukitan

Pemandangan tak kalah dramatisnya jika cuaca sedang berkabut dan mendung, seakan akan suasana merubah menjadi mistis, kabut perlahan lahan merayap menutupi kota sungai penuh hingga sebagian pinggang bukit barisan dan dataran rendah lainnya, matahari seakan meredup dan suhu menjadi dingin, sehingga seakan akan kita berada di atas awan, sebuah negeri kayangan. Spot di puncak bukit ini juga sangat tepat untuk dijadikan tempat untuk menyaksikan dan merekan keindahan Sunrise di bingkai kamera rekan rekan. Untuk menyaksikan sunrise, teman teman disarankan untuk berangkat lebih pagi dari kota sungai penuh, rencanakan untuk memulai trip pukul lima subuh atau lebih awal adalah waktu yang baik untuk menanti sunrise disana.

Sunrise di lihat dari bukit Kayangan

Sunrise di lihat dari bukit Kayangan

Memotret Sunrise dari Puncak Bukit kayangan

Memotret Sunrise dari Puncak Bukit kayangan

Setelah sunrise pertunjukan belum usai teman.. 🙂 keindahan bukit barisan akan terlihat sayang untuk tidak diabadikan dengan karma, ketika cahaya matahari dari arah samping dan lembut membuat teksture, bentuk garis, dan lapisan lapisan bukit barisan  akan terlihat dengan jelas 9217357583_852fc17de6_c keindahan teksture bukit Barisan Fasilitas yang ada di bukit tersebut masih minim, disana hanya terdapat bangunan berbentuk taman taman  dan ada sebuah Pondok bertiang besi dan beratapkan seng sebagai tempat pelancong untuk memandang, sebuah pos penjagaan berukuran 1.5×1.5m dan sebuah bangunan besar bertingkat dua sejenis pesanggrahan, sayang nya semua bagunan tersbut tidak terawat. Tidak ada toilet dan pedagang makanan disana, karena area sekitar bukit merupakan ladang masyarakat tempatan, maka dari itu rekan rekan harus mempersiapkan sendiri keperluan rekan rekan selama berada disana, meskipun hanya sekedar makanan kecil atau minuman saja.

Iklan

5 pemikiran pada “Pesona Bukit Kayangan Kerinci, Sebuah Negeri Diatas Awan.

  1. Sekarang sudah ada toilet (cukup bersih) dan ada yg jual makanan. Lumayan lah sekedar mie rebus, kopi dan makanan ringan. Penjualnya sekaligus petugas parkir.

    Sayangnya, banyak sampah yang ditinggalkan pengunjung. Plastik2 bungkus makanan, botol minuman yang bertebaran di lokasi yang sepertinya sangat jarang dibersihkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s