[Ini Bintan] Pantai Pasir Panjang Senggiling, Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (Part IV)

sZygQO1377500306

Akhir pekan kemarin kembali melanjutkan Trip menelusuri indahnya pulau Tempat saya Menetap ini. Sudah 5 tahun di pulau bintan, baru beberapa waktu belakangan saya mulai berniat untuk mengabadikan tempat tempat yang indah yang pernah saya lihat di pulau ini. Jujur saja saya termotivasi dari seorang teman bernama Isna, iya cukup meracuni saya untuk traveling dan menulis perjalanannya di blog dan juga dia sudah membuat saya menyesal, hhmm… Kenapa menyesal? Ya, teman Saya Isna sudah mengabadikan dalam bentuk tulisan dan foto foto tentang tempat tempat indah di kampung halaman saya (Kerinci) di blognya, sedang kan saya sendiri mungkin belum sempat menelusuri sebagian besarnya karna sudah keburu meranatu , sehingga terkadang saya sering menanyakan padanya, memangnya ada ya tempat seperti ini disana? (saya sungguh keterlaluan he he ). saat ini penyesalan itu membuat saya lebih “melek” terhadap lingkungan sekitar, terutama urusan jalan jalan, he he bukan itu saja sebenarnya motivasinya, bagi say ajalan jalan sambil motret adalah cara saya menikmati hidup dan membuat saya merasa beryukur kepada Sang Pencipta terhadap tempat tempat indah yang sudah di ciptiakan Nya, secara kebetulan saat ini saya beruntung bisa tinggal di tanah yang dianugrahi keindahan yang berlimpah Oleh Alloh, yaitu Pulau Bintan.

Lokasi Pantai Panjang Senggiling

Lokasi Pantai Panjang Senggiling

Panorama Pantai dengan batuan batuan besar

Panorama Pantai dengan batuan batuan besar

Di akhir bulan agustus 2013 saya sempatkan untuk mengunjungi Desa Senggiling, kelurahan Sri Bintan, Pulau Bintan. Desa senggiling adalah salah satu desa nelayan yang ada di pesisir pulau bintan sebelah utara, desa ini terletak jalur Tanjung Pinang – Tanjung Uban, sekitar 25Km dari Tanjung Uban. di desa ini terdapat sebuah pantai yang sangat indah dengan suasana alam yang masih sangat asri. Lokasi pantai ini sangat tersembunyi dan sangat jarang di kunjungi wisatawan, keterisoliran pantai yang indah ini di karenakan jalan akses menuju pantai cukup jauh dan harus melewati check Point karena kita harus melewati area perusahaan perkebunan cengkeh untuk menuju ke pantai. Setelah mengumpulkan informasi dari seorang teman disana, maka saya memutuskan untuk berangkat dengan sepeda motor, menimbang jalan untuk masuk ke pantai lebih gampak di jangkau dengan motor, karena sekitar 3Km sebelum menuju pantai adalah jalan tanah dan berbatu. 45 menit berkendara dengan kecepatan motor stabil di 80Km/jam dari tanjung uban, Akhirnya saya sampai di Simpang Senggiling Kelurahan Sri bintan, di pertigaan Desa senggiling ini saya belok kekiri menuju pantai, karna ini pengalaman pertama saya kesana, jadi nga perlu malu malu untuk bertanya dan akhirnya sampai juga saya di post pemeriksaan perusahaan perkebunan cengkeh yang disebut warga setempat sebagai supplier cengkeh untuk salah satu produsen rokok ternama di Indonesia. Sesampainya di post, kamipun melapor, tak banyak prosedur yang harus di penuhi untuk melintas di area perkebunan ini, petugas jaga hanya mencatat nomor polisi sepeda motor yang kami kendarai, dan sebelum member izin, petugas bertanya “hendak kemana…?”, sebelum saya menjawab dia sudah menjawab nya sendiri, “mau Pergi Mancing ya?” dan saya hanya meng- Iyakan saja, kami pun di perbolehkan lewat. Kira kira 500 meter setelah pos pemeriksaan tersebut, kami mulai menemui jalan tanah dan berbaru, terpaksa laju kendaraan kami perlambat, jalan yang melewati perbukitan yang mendaki dan menurun sangat berbahaya kalau memacu kendaraan diatas 40Km/jam.

Sepanjang perjalanan di kiri dan kanan jalan terlihat hamparan perkebunan cengkeh dan juga perkebunan Kelapa yang sangat luas, terlihat sebagian besar hutan sudah di pangkas sebagai area perkebunan cengkeh dan budidaya kelapa. Saya tak sempat mengambil banyak foto di area perkebunan ini, saya fikir ini wilayah yang sensitive karena masih dalam kawasan perusahaan perkebuanan ,perlu izin untuk mengambil foto, takut malah menajadi masalah yang menghambat perjalanan saya ke pantai. Setelah kurang lebih 3Km dari pos penjagaan , saya mulai melihat laut dari ketinggian diatas bukit, jalan mulai berganti menjadi jalan berpasir yang sebelumnya tanah berbatu. Sebelum mencapai pantai jalan kembali sedikit menanjak karna kita harus melewati bukit kecil untuk sampai di pantai. Subhanallah… dari ketinggian kami melihat pantai dengan jejeran pohon kelapa, berpasir putih dan air laut yang biru, dan setelah menuruni bukit, kami terkagum kagum dengan pemandangan indah di pantai ini. Kebetulan waktu itu langit sangat cerah sehingga air laut yang bening membuat dasar laut di tepi pantai yang dangkal terlihat jelas.

 

Pantai Pulau Panjang Senggiling dari ketinggian

Pantai Pulau Panjang Senggiling dari ketinggian

pantai yang jernih

pantai yang jernih

Sesuai dengan namanya pantai pasir panjang, garis pantai ini terlihat sangat panjang, dan diujung pantai terlihat dari kejauhan sebuah bangunan yang berbentuk pelabuhan, dan ternyata itu adalah international Ferry terminal sebuah resort ternama di kawasan wisata terpadu Lagoi. Ternyata lokasi ini bersebelahan dengan kawasan wisata terpadu Lagoi.

Menikmati keindahan pantai panjang senggiling

Menikmati keindahan pantai panjang senggiling

Pemandangan di pantai ini memang luar biasa, ternyata benar informasi yang saya dapat sebelumnya dari seorang teman di desa senggiling, kalau pantai pasir panjang tidak kalah indah dengan pantai yang ada di Kawasan wisata terpadu Lagoi yang biasa dinikmati oleh turis turis asing dan kaum “Jet set” . Menurut nelayan yang sempat saya jumpai disana, turis turis asing yang berasal dari resort disana kadang kadang berjalan sampai ke pantai ini menikmati indahnya pantai didampingi guide mereka, tapi rekan rekan jangan sesekali mencoba mendekati resort kalau tidak ingin di interogasi atau usir oleh petugas keamanan resort , karna begitulah mereka menjaga privasi tamu mereka dari orang local.

Batu batuan di pingir pantai

Batu batuan di pingir pantai

Pantai Pasir panjang senggiling sangat sepi, saya hanya menjumpai beberapa pemancing yang datang pagi itu untuk memancing atau menjala ikan di pinggir pantai, sebagian besar mereka berasal dari desa senggiling dan sri bintan.

tidak ada fasilitas untuk wisatawan disini seperti warung toilet dll, bahkan tempat berteduh hanya pada pohon pohon yang ada disana, maka dari itu, rekan rekan lebih baik membekali diri dari rumah. pantai pasir panjang memang menggoda untuk berenang, namun rekan rekan harus berhati hati karna gelombang di pantai ini cukup kuat dan lautnya juga dalam.

Senggiling

 

 

 

DSC_2712

 

DSC_2738

Jika rekan rekan ingin mengunjungi tempat ini berikut Tips dan bagaimana mencapai nya sebagai berikut

• Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua yang mumpuni, karena medan medan adalah lokasi perkebunan yang berbukit. 3Km menjelang pantai adalah jalan tanah berbatu, mendekati panati jalan mulai berbasir (hati hati terpeleset ). Jika pun ingin menggunakan mobil, lebih cocok menggunakan mobil sejenis jeep

• Ketika memasuki check point katakanlah dengan sopan dan jujur niat anda kepada petugas keamanan tesebut, bahwa anda hanya ingin melihat pantai pasir panjang.

• Berlaku sopanlah ketika melewati area perkebunan, jangan memotret sembarangan diarea perkebunan jika anda tidak mempunyai izin.

• Persipakan bekal pribadi dari sebelum berangkat, seperti air minum,makanan ringan, topi, jaket, kantong plastic tepat sampah  dll

• Berhati hati, Perhatikan langkah anda ketika memasuki pantai atau semak belukar di dekat pantai, masih banyak terdapat hewan melata dan berbisa seperti ular dll (pengalaman pribadi, ketemu ular )

• Tidak dianjurkan untuk berenang, apalagi ketika ombak besar. sangat berbahaya

• Jangan berusaha untuk mendekati area resort atau pelabuhan yang ada di ujung pantai panjang kalau tidak ingin diusir 

Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (Part I)

Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (Part II)

Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (Part III)

29 pemikiran pada “[Ini Bintan] Pantai Pasir Panjang Senggiling, Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (Part IV)

  1. Ping balik: Pantai Senggiling, Batu Berlafaz Allah | Robbi Hafzan
    • Terima kasih kikiwisaka….
      jika berencana untuk camping lebih baik melakukan survey ke lokasi terlebih dahulu, bisa juga bertanya sama masyarakat setempat atau petugas di pos jaga, mengingat akses masuk lokasi tersebut harus melalui perkebunan jengkeh milik sebuah perusahaan, kemungkinan harus mendapatkan izin terlebih dahulu..

      kalau untuk lokasi camping sangat bagus, sayapun sempat berfikir demikian. dari informasi yang saya dapat tempat itu kerap dijadikan tempat camping bagi petugas keamanan perusahaan yang melakukan pelatihan dasar militer,

  2. blog yg bagus sekali. narasinya memikat, foto2nya menakjubkan. kalau boleh saya ingin bertanya, akhir okt saya akan pulkam dan punya waktu 2 minggu utk liburan. sebaiknya apakah dibatam dan bintan masing2 satu minggu atau ada advis lain ?.. saya ingin santai2 saja, tak hrs hotel luxe yg penting sea view. apakah ada rekomendasi ? saya bolak balik gugel, malah bingung krn rate dlm sin dollar. terima Kasih byk

    • Terima kasih sudah mampir mbak Widiya… kalau untuk wisata alam bintan lebih banyak tujuannya di banding batam mbak… kalau untuk penginapan dengan view laut di daerah Kawal dan Trikora banyak dgn harga terjangkau, mulai dari 300rb dan seterusnya… malah di hotel tertentu menyediakan paket tour ke pulau pulau tak berpenghuni dan kegiatan snorkling, tapi sayang ongkos paketnya masih agak mahal … 🙂
      silahkan jika ingin bertanya2 seputaran bintan, bisa email saya ke robbihafzan@yahoo.co.id. kalau hari libur kerja insyaallah saya bisa dampingi…, maklum kuli mbak. 🙂

Tinggalkan Balasan

