[Ini Bintan] Vihara Terbesar di Asia Tenggara, Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (VI)

DSC_7889

Kota tanjung pinang di pulau bintan, merupakan salah satu daerah dengan komunitas warga keturunan Tionghoa Terbanyak di Indonesia, Komunitas ini hidup rukun dan damai selama ratusan dengan penduduk asli dan suku pendatang lainnya seperti Minang, Jawa, dll. Bukti sejarah Keberadaan komunitas Tionghoa di Kota tanjung pinang yang sudah mencapai ratusan tahun adalah dengan adanya sebuah vihara Akar yang terdapat di Desa Senggarang dan banyak lagi vihara-vihara lain yang menjadi saksi keberadaan etnis Tionghoa dan sebagai indikasi sebagai  sebuah komunitas yang besar di Pulau bintan, dan komunitas terbesar terletak di kota tanjung pinang. Hal ini di tandai banyak nya terdapat vihara baik di dalam kota maupun luar kota.

Gerbang Vihara Avalokitesvara

Gerbang Vihara Avalokitesvara

Saya merasa beruntung sekali bisa mengunjungi salah satu daerah dengan komunitas tiong Hoa terbesar di inonesia setelah Bangka Belitung dan Banjarmasin. kali ini kesempatan tersebut saya gunakan untuk mengunjungi beberapa keberadaan sebuah komunitas besar tionghoa.  Ada beberapa Vihara terbesar dan unik yang ada di pulau Bintan, diantaranya adalah, Vihara  Tien Shang Miao (vihara Akar) , Dharma Sasana (Kelenteng Senggarang), Vihara Avalokiteswara Graha, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (vihara seribu patung ). Setiap vihara memiliki keunikan dan cerita yang menarik, namun untuk kali ini saya akan mencoba untuk sedikit berbagi cerita tentang salah satu vihara tersebut, dimualai dari, Vihara Avalokiteswara Graha. Mudah mudahan nanti saya berkesampatan mengunjungi vihara yang lain, dan menuliskannya. mudah mudahan bisa menjadi referensi traveling rekan rekan di pulau Bintan

halaman depan vihara di hiasi dengan patung patung di kiri dan kanan jalan

halaman depan vihara di hiasi dengan patung patung di kiri dan kanan jalan

Vihara Avalokitesvara Graha terletak kurang lebih 14Km dari pusat kota tanjung pinang, Vihara terletak  kelurahan Air Raja kota tanjung pinang, terletak di  sebelah kiri jalur lintas Tanjung pinang- Tanjung uban, di batu 14 (batu disini adalah  sebutan pengganti istilah satuan Kilometer ). Sangat mudah untuk menemui vihara ini, selain terletak di pinggir jalan raya, bangunan vihara ini terlihat mencolok dengan bangunan gapura yang indah dan megah, serta terlihat hamparan  luas kebun buah naga di depan perkarangan Vihara, dan bangunan utama Vihara terletak pada tempat yang tinggi  sehingga terlihat dari pinggir jalan raya.

Halaman Depan Vihara

Halaman Depan Vihara

Vihara ini di nobatkan menjadi vihara terbesar se-Asia tenggara, yang telah di resmikan penggunaan nya oleh Mentri Agama Republik Indonesia, pada Juni 2009. Uniknya lagi di dalam bangunan utama Vihara terdapat sebuah patung dewi Kuan Yin Phu Sha yang di nobatkan Museum Rekor Indonesia menjadi patung Dewi Kuan Yin Terbesar yang ada di dalam ruangan. Tinggi patung ini mencapai 16.8 meter, terbuat dari tembaga dengan berat 40 ton, dan berlapis emas 22 karat. Viahar ini dibangun oleh sebuah yayasan komunitas Tionghoa Tanjung Pinang untuk di jadikan sebagai tempat memperdalam ilmu agama, berguru dan belajar para Bhiksu, Sangha , dan Guru baik yang datang dari daerah lokal maupun dari luar negeri seperti China, singapura dan Malaysia.

DSC_7877

Patung Dewi Khuan Yin setinggi 16 meter

Patung Dewi Khuan Yin setinggi 16 meter

Disamping berfungsi sebagai tempat ibadah, Vihara ini juga menjadi salah satu destinasi wajib wisatawan yang datang ke pulau bintan, selain sering di kunjungi oleh wisatawan lokal, Vihara ini juga sering di kunjungi oleh wisatawan dari luar negeri seperti singapur dan Malaysia. Selain bangunan yang megah dan kebun kebun serta taman yang tertata indah, Patung Dewi Kuan Yin di dalam bangunan vihara juga menjadi daya tarik bagi pelancong. Wisatawan di perbolehkan untuk masuk ke dalam vihara setelah terlebih dahulu melepas alas kaki di luar bagunan utama, berfoto di dalam bangunan utama di perbolehkan, namun ada baiknya rekan rekan menanyakan kepada petugas setempat area mana saja yang di perbolehkan untuk pengunjung, dan tetap menjaga sopan santun selama berada di tempat ibadah tersebut….

DSC_7876

Iklan

21 pemikiran pada “[Ini Bintan] Vihara Terbesar di Asia Tenggara, Wisata Murah Meriah Pulau Bintan (VI)

  1. keren keren.. saya yang rumahnya deket aja belum pernah kesana, nasib diperantauan nih :))
    kira-kira klo pengunjung masuk kesana bayar gak mas ?? hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s