[Ini Bintan] Pelepasan Tukik (anak Penyu) di perairan Pulau Bintan

Pelepasan tukik

Pantai berpasir putih, landai dan perubahan panjang dan lebar garis pantai setiap tahunnya, menjadikan beberapa daerah pantai di pulau bintan adalah tempat yang sering di kunjungi penyu untuk bertelur. Adalah pulau Tambelan, pulau Wie, pulau Lintang dan pulau beralas besar, tercatat menjadi daerah tujuan tertinggi Penyu untuk menetaskan telurnya menurut sebuah penelitian. Namun seperti kita ketahuai, kelangsungan hidup dan kelestariaanya terancam oleh perilaku manusia yang memperdagangkan telur telur penyu dan predator yang ada di alam membuat perkembangan populasi penyu secara alami akan semakin sulit. Maka dari itu program konservasi untuk menyelamatkan habitat penyu dari kepunahan seakan akan menjadi satu satunya cara untuk bisa penyelamatkan habitat penyu di dunia.

setelah telur menetas,tukik disimpan didalam kandang selama 50-60 hari

setelah telur menetas,tukik disimpan didalam kandang selama 50-60 hari

Beruntung sekali minggu lalu bisa menyaksikan moment pelepasan puluhan ekor tukik (anak Penyu) berkat ajakan bang Herlambang dan Mas Ade yang bertugas di Nirwana resort. Ternyata program ini merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda rutin Nirwana resort sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan kelestarian populasi penyu di perarairan pulau bintan, sudah lebih dari 3000 ekor tukik yang dilepaskan di pantai Nirwana ini pada kegiatan ini pihak resort juga melibatkan para pengunjung resort untuk terlibat dalam kegiatan tersebut, dan tentu saja ini menjadi suatu hal yang penarik pula bagi para tamu.

DSC_8288

pelepasan tukik

Pada sore hari itu, pengunjung resort yang sebagian besar adalah warga asing sudah berkumpul di pinggir pantai banyu biru Nirwana resort untuk acara pelepasan tukik, sengaja dipilih lebih dari 30 anak yang merupakan anak anak dari pengunjung resort untuk berkesempatan melepaskan tukik tukik tersebut di perarairan, dengan harapan menimbulkan kesadaran dan memberikan informasi tetang pelestarian penyu sejak dini kepada mereka.

seorang ibu memberikan bayi penyu kepada anaknya

seorang ibu memberikan bayi penyu kepada anaknya

Mereka tampak antusias dan terkesan dengan kegiatan tersebut, meskipun cuaca dingin setelah diguyur hujan mereka tetap antusias untuk menyaksikan kegiatan tersebut ada yang terlihat takut, geli, namun sebagian besar mereka malah menyukai bentuk bayi penyu yang lucu itu.

anak anak melepaskan tukik (anak penyu)

anak anak melepaskan tukik (anak penyu)

DSC_0844

Tukik berhasil di lepaskan ke perairan

Tukik berhasil di lepaskan ke perairan

Iklan

11 pemikiran pada “[Ini Bintan] Pelepasan Tukik (anak Penyu) di perairan Pulau Bintan

  1. Hai, menarik articlenya!^^ Saya lagi cari tempat2 wisata alam yg bagus di Bintan. Bisa kasih rekomendasi ga? Kaya trekking ato diving gt? Makasih 🙂

    • Untuk Trakking, bisa mengunjungi gunung bintan, dan diving ada dua pilihan sih, bisa ke pulau Nikoi namun biayanya mahal untuk pejalan seperti saya ini :), untuk alternativnya bisa ke pulau mapur… tapi saya belum sempat untuk mengunjungi pulau itu, maklum, disini sedang musim gelombang tinggi, waktu terbaik adalah Februari – agustus untuk aktivitas di laut 🙂

      • Hi Robbi,
        Thanks ya buat balasannya dan infonya. Setidaknya saya sekarang udah ada sedikit gambaran mesti kemana2 di Bintan dan mulai darimana. 🙂 Keep in touch!

  2. Ping balik: 07 November 2013, Hunting Perdana | Komunitas Fotografi Tanjung Uban
  3. Ping balik: Kapur Photos | 07 November 2013, Hunting Perdana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s