Pulau Dompak, Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau

DSC_4150

Kantor Gubernur Kepulauan Riau (foto diambil dari masjid Raya Pulau Dompak)

Dengan terjadinya pemekaran daerah baru di berbagai daerah di Indonesia, secara tidak langsung pasti menimbulkan dampak baik untuk daerah tersebut, meskipun dampak buruk juga  tidak luput karenanya. Salah satu yang merasakan pemekaran adalah Kepulauan riau, sejak melepaskan diri dari Riau daratan dan menjadi provinsi sendiri, daerah daerah di kepulauan riau bergerak menuju pembangunan yang makin baik, baik dari infrastruktur dan kehidupan masyarakat nya.

Kota tanjung Pinang, yang terpilih menjadi Ibu Kota Provinsi kepulauan Riau pada tahun 2003, tak luput dar imbasnya, hingga saat ini ibu kota provinsi ini terus tumbuh menjadi kota yang maju, jadi kota yang dahulu di kenal dengan kota pelabuhan hingga saat ini bergerak menjadi kota metropolitan. Kota Tanjung Pinang kian istimewa setelah Kepulauan Riau terus memekarkan daerah nya dengan tujuan pemerataan pembagunan, di kota ini pernah menjadi pusat dari tiga pemerintahan sekaligus, diataranya Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, Pusat Pemerintahan kabupaten Bintan, dan pemerintahan kota tanjung Pinang itu sendiri, sehingga bisa dikatakan kota ini menjadi salah satu kota yang tersibuk di kepulauan Riau.

DSC_4154

Salah Satu Jembatan Di Pulau Dompak yang menghubungkan dengan daratan pulau Bintan dan Dompak

Pusat Kota tua Tanjung Pinang sudah tidak memungkinkan lagi untuk menampung beban laju pertumbuhan penduduk yang mau tidak mau mengimbangi perkembangan kota, sehingga harus di lakukan pembangunan di daerah baru, salah satu bentuk tindak lanjutnya adalah dengan memindahkan pusat pemerintahan Kepulauan Riau ke Pulau Dompak, yang dilakukan pada Tahun 2012. Pulau yang di persiapkan dari tahun 2007 ini, hingga saat ini masih menjalani tahap pembangunan, meskipun beberapa infrastruktur utama untuk pembentukan sebuah pusat pemerintahan baru sudah tereselesaikan, diantaranya Listrik, Air bersih, jalan raya dengan dua jalur, Pelabuhan kapal roll & roll(roro), Masjid, beberapa perkantoran pemerintah, hingga kantor gubernur provinsi kepulauan riau.

Pulau dengan luas kurang dari 1000 hektar ini masih sangat sepi, tidak ada pemukimam penduduk disini, hanya berdiri bangunan bangunan kantor pemerintahan dan Gedung kampus universitas Maritim Raja Ali Haji. sebagaian besar pembangunan masih terlihat terbengkalai, tidak ada nampak penghijauan yang terencana disini, jadi ketika melakukan kegiatan di luar ruang ketika cuaca cerah, akan terasa sangat panas.

DSC_4146

Jembatan antara Pulau Dompak dan Kota Tanjung Pinang, yang sedang dalam pengerjaan

Wisatawan yang datang ke Pulau ini kerab mengunjungi masjid nya, disini berdiri Masjid Raya Kepulauan Riau yang di design secara megah dan indah. untuk saat ini hanya Masjid ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk sampai ke pulau Ini.

DSC_4118

Masjid Raya Provinsi Kepulauan Riau

 

 

DSC_4071

Pelabuhan kapal Roll&roll (roro) Pulau Dompak

Iklan

2 pemikiran pada “Pulau Dompak, Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s