Mengintip Masjid Indah di Pulau Dompak

Pulau Dompak. Kesan pertama menginjakkan kaki di pulau yang menjadi pusat pemerintahan provinsi KEPRI ini adalah Panas, karena tidak ada penghijauan yang terencana meskipun pulau ini sudah di gagas pembangunannya dari tahun 2007. Sepi, karena areal pulau ini hanya terdiri dari beberapa bangunan perkantoran provinsi KEPRI, Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), dan sebuah Masjid yang di kenal dengan beberapa sebutan yaitu Masjid raya Kepulauan Riau, Masjid Dompak, dan Masjid Biru.

 

DSC_4074

Masjid Raya Kepulauan Riau dari Kejauhan

Menurut saya yang menjadi daya Tarik di Pulau Ini adalah Masjid Raya Kepulauan riau ini. Bangunan Masjid Megah dan design nya yang indah membuat wisatawan yang datang ke tanjung pinang tidak melewatkan untuk singgah di masjid ini. Masjid ini d terletak di dataran yang paling tinggi di pulau ini, Sehingga bisa terlihat dari kejauhan, dan jika kita berada di daerah masjid kita bisa melihat sebagian kota tanjung pinang, terlebih lagi jika kita berkesempatan untuk naik ke atas menara masjid, maka akan terlihat daratan pulau dompak secara lebih luas. Tidak jauh dari Dari bangunan masjid terlihat jembatan yang menghubungkan antara pulau dompak dan tanjung pinang, meskipun saat ini masih belum terhubung karena masih dalam pengerjaan, dan jika jembatan ini sudah selesai, sudah pasti masjid ini akan lebih ramai di kunjungi masyarakat

 

 

 

DSC_4146

DSC_4123

Suasana siang hari dengan terik matahari

 

 

Bagi Wisatawan Muslim, melaksanakan ibadah di masjid ini memiliki kesan tersendiri, perasaan tenang dan khusuk saat beribadah, sangat bisa dirasakan di masjid ini, tidak ada suara berisik kendaraan dan hingar bingar keramaian, karna pulau ini masih sepi dan masjid yang berada dataran yang cukup tinggi membuat hembusan angin leluasa menerpa seluruh ruangan dalam masjid dan membuat suasana di dalam masjid terasa sejuk, tanpa perlu pendingin ruangan atau kipas angin. bentangan Sajadah  yang sepertinya impor dari luar negeri, berbahan tebal dan berbulu lembut terbentang di seluruh area masjid membentuk shaf Sahalat, dan ketika waktu shalat akan masuk terdengar lembut senandung murotal Al-Quran yang memantul dari dinding dinding masjid  yang tinggi,hingga menambah khusu’ suasana di dalam masjid.

DSC_4096

Menara Masjid Raya Kepulauan RIau

 

 

DSC_4089

Arsitektur masjid yang indah

 

DSC_4075

Mimbar dan tempat imam yang di design megah

 

DSC_4102

Semua Fasilitas di area masjid sudah cukup memadai, Cuma jika di perhatikan secara detail terlihat kurang perawatan, tempat wudhu sudah di bangun sangat baik, kekita membuka keran air, air mengalir dengan deras, namun kesan kurang terawat dan kurang bersih terlihat di beberapa sudut tempat wudhu dan WC. Taman taman di sekitar masjid pun sudah di design dengan baik namun penghijauan masih terlihat kurang. Mudah mudahan bisa lebih mendapatkan perhatikan masalah perawatan dan penghijauan untuk kedepannya.

Iklan

7 pemikiran pada “Mengintip Masjid Indah di Pulau Dompak

  1. Ping balik: Mengintip Indahnya Masjid di Dompak. Share dan Bagikan Yuk | www.temberang.co.id - Takkan Hilang Suara Anak melayu di Bumi KEPRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s