Memandang Kota Batam dari Menara Masjid Jabal Arafah.

DSC_4229

Masjid Jabal Arafah Kota Batam

Kalau mendengar kota Batam, pasti yang terlintas difikiran adalah Kota Industri, jembatan barelang, Wisata Belanja, gerbang terdekat singapur dan Malaysia, tempat berburu product fashion impor, black market, hiburan malam, dan sebagainya. Namun baru baru ini ada tempat menarik yang bisa di kunjungi di kota batam, terutama bagi yang menginginkan wisata religi, tempat itu adalah Masjid Jabal Arafah yang terletak di Jl.Imam Bonjol, Nagoya pulau Batam, tidak berapa jauh dari pusat perbelanjaan Nagoyahill, bersebelahan dengan bank mandiri Nagoya.

 

Masjid yang diresmikan pada tahun 2013 ini, merupakan milik yayasan yang dipimpin oleh seorang pengusaha dan politisi kota Batam, Ialah Bpk Asman Abnur yang meneruskan cita cita orang tua beliau yang menginginkan membangun masjid ini. Keunikan masjid ini terdapat pada Menara Masjid nya, yang mana dari atas menara masjid ini kita dapat melihat salah satu sisi kota batam dari ketinggian kurang lebih 60 meter, jika cuaca sedang cerah kita dapat melihat gedung gedung dari Negara tetangga singapura.

DSC_4251

Alat bantu pandang 🙂

DSC_4252

Sisi Kota Batam Dari Menara Jabal Arafah

 

 

DSC_4246

Komplek perbelanjaan Nagoyahill

 

DSC_4262

View center point nagoya-Batam

DSC_4242

Menara ini lebih menyerupai menara pengawas menurut saya, seperti menara air traffic control (ATC) yang ada di bandara 🙂 , dipuncak menara terdapat ruangan yang di kelilingi kaca di lengkapi dengan  tiga unit teropong yang di sediakan untuk pengunjung untuk memandang kota batam dan Negara tetangga dari kejauhan. Untuk menaiki menara ini dikenakan biaya 5000 rupiah tiap orang nya, puncak menara yang berada di latai 6 bisa di capai dengan lift, bagi yang ingin berfoto diatasnya, tapi lupa bawa kamera, jangan khawatir tersedia photo ekspress langsung cetak dengan tariff 5000 rupiah tiap fotonya.

 

DSC_4268

 

DSC_4301

Ruang Shalat dengan design modern, nyaman, bersih dan terawat

Selain menara tersebut, ada hal lain yang menarik menurut saya, yaitu konsep dari masjid ini. Masjid ini sekan akan di konsep tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi disini juga terdapat kafe, mini market, taman untuk duduk, hingga perpustakaan.

DSC_4280

kolam kecil dengan beberapa pohon kurma di tengah nya

 

DSC_4225

penjual pernak pernik muslim di pekarangan Masjid

Mungkin saja si pendiri masjid ini mengkonsepkan sebuah masjid yang memadukan antara tempat ibadah, rekreasi, hiburan dan pendidikan. Sungguh suatu konsep yang sangat jarang terdapat di masjid masjid yang pernah saya temui. Selain itu, masjid ini sungguh tertata rapi, bersih, terawat, jauh dari kesan jorok, dan tidak ada pengemis, sungguh kondisi yang jarang mungkin kita temui di masjid masjid di Indonesia.

DSC_4287

Tempat wudhu, bersih dan terawat

DSC_4288

salah satu WC dan tempat wudhu Pria. sangat terawat

Jika berkunjung ke Kota Batam, saya sangat merekomendasikan untuk mampir di Masjid ini, paling tidak untuk menunaikan ibadah shalat atau sekedar ber rehat setelah capek berkelilign berbelanja di pusat perbelanjaan Nagoya Hill 🙂

Iklan

8 pemikiran pada “Memandang Kota Batam dari Menara Masjid Jabal Arafah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s