Sekepal tanah Surga Itu Bernama Kerinci

 

Tidak berlebihan rasanya sebagai mana di sebutkan oleh penyair penyair kerinci, bahwa tanah ini “kerinci” Merupakan sekepal tanah surga yang tercampak ke bumi. Kekayaan sumber daya alam dan hayati yang memanjakan manusia yang hidup ditanah ini, membuat sebutan “tanah surga” itu tidaklah berlebihan.  Sungai sungai mengalir dengan deras dan bermuara di Danau Kerinci nan Indah,  limpahan nikmat berupa air ini di alirkan kembali oleh sungai batang merangin untuk daerah tetangganya.

 

Sumber daya alam berlimpah yang menjanjikan kesejahteraan hidup untuk manusia, Padi, sayuran, buah buahan, rempah-rempah dll,  seakan akan negeri ini jauh dari kemiskinan dan kelaparan. Keragaman potensi flora mencakup lebih kurang 4000 jenis yang didominasi oleh family dipterocarpacae, leguminosae, lauraceace dan mirtaceae serta terdapat semak-semak alvin dari vaccinium rhododendron pada daerah di atas 3000 mdpl,  Selain itu juga terdapat tegakan alam pinus mercuri strain Kerinci, bunga bangkai, amorphophallus titanum, bunga reflesia arnoldi dan berbagai jenis flora langka yang tumbuh terlindung oleh naungan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) yang merupakan salah satu Taman Nasional terluas Di Indonesia.  Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Gajah Sumatra, Macan Dahan, Tapir Melayu dan beruang madu, dan 370 jenis burung,  menggantungkan kehidupan dalam lindungan Taman Nasional ini, serta yang misterius dan belum terpecahkan hingga kini adalah keberadaan mahluk sejenis primata, berdiri diantara dua kaki dengan telapak kaki terbalik, bergerak dengan cepat dan menghilang di selah selah pohon, primata ini  di kenal dengan “uhang Pandak” atau orang pendek.

14853211061_c9b5888fbf_z

Taman Nasional Kerinci Seblat menampung cadanagan air bagi empat Provinsi di sekeliling nya diantaranya, Sumatra Barat, Bengkulu , jambi, dan Sumatra selatan. Oleh karena memiliki dampak vital bagi kelangsunga hidup Manusia maka tak ragu UNESCO mendaftarkan TNKS ini menjadi salah satu situs Warisan Dunia. Kabupaten Kerinci dengan luas kurang lebih 4.200 km2, yang mana hampir setengah luas kabupaten tersebut adalah wilayah taman Nasional, dan setengah wilayah nya lagi di gunakan untuk pemukiman, dan perkebunan.  Terlepas dari potensi yang tampak oleh mata, namun potensi dalam perut bumi-nya pun sangat mengejutkan. Sumber energy geothermal yang sangat potensial di Kecamatan Gunung Raya sedang di kembangkan, lebih mencengankan lagi adalah sebuah survey yang dilakukan oleh investor Asing pada tahun 2006 menyebutkan bahwa kerinci memiliki potensi tambang emas dan logam terbesar Di Indonesia melebihi PT.Freeport di papua. Namun Potensi yang menggiurkan tersebut Masih akan terlindungi dari keserakahan manusia, Karena perkiraan lokasi tambang adalah di dalam Kawasan TNKS itu sendiri.

 

Topografi daerah kerinci yang terdiri dari bukit dan lembah, di lalui deretan bukit barisan yang membentang dari utara ke-selatan, menyimpan potensi ekowisata yang sangat layak untuk di kunjungi, diantaranya ;

– Gunung kerinci (3.800 mdpl) yang merupakan gunung api aktif yang tertinggi disumatra.

– Danau Gunung Tujuh (2.700mdpl) danau yang di kelilingi oleh tujuh gunung diantaranya Gunung Hulu Tebo (2.500mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330mdpl) , Gunung Madura Besi (2.148mdpl), gunung Lumut (2350mdpl), gunung Selasih (2.230mdpl) , Gunung jar Panjang (2.469mdpl) dan gunung tujuh (2.700mdpl). pada gunung-gunung tersebut terdapat sumber-sumber air yang mengalir ke danau gunung tujuh tersebut, sehingga air danau tidak pernah kering. Danau gunung tujuh juga terdaftar sebagai warisan dunia oleh UNESCO dan menjadi danau Vulkanik tertinggi di asia tengara.

– Perkebunan Teh tertua di Indonesia ada di sana, yaitu perkebunan The Kayu Aro. Perkebunan Teh dengan luas 3.000 hectare dalam satu hamparan ini, menjadikan kebun Kayu Aro sebagai hamparan kebun Teh terbesar di dunia, dengan kualitas Teh terbaik yang mendunia pula. Sebagian besar Teh kualitas terbaik di kirim keluar negeri dan sejarah mencatat bahwa, secara turun temurun Keluarga kerajaan Belanda (ratu Beatrix) mengkonsumsi Teh dari Kayu Aro ini.

– View indah Bukit kayangan Desa Renah kayu embun, dari Bukit kayangan kita bisa melihat dari ketinggian sebagian daerah danau kerinci dan danau kerinci, dan sebagian daerah kabupaten kerinci dari ketinggian. Bagi pengemar fotografi, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi Hari, karna anda bisa merekan atraksi sunrise yang memukau,  diatara kabur yang beriringan di tepi tebing tebing bukit barisan

 

– Daerah yang berbukit bukit itu menyimpan keindahan lain berupa Air terjun yang tersebar di berbagai daerah di  kabupaten kerinci,  diantaranya yang paling sering di kunjungi adalah, Air terjun telun Berasap (pelompek), Air bertingkat (sungai Medang), Air terjun pancaro rayo (pulau Tengah) dan masih banyak lagi, diataranya sbb:

Air Terjun:

  • Air terjun Pendung Mudik
  • Air terjun putri Bungsu 13 tingkat – sungai medang
  • Air terjun Pungut
  • Air terjun Putri Mayang
  • Air Terjun pauh sago
  • Air terjun bedeng IV
  • Air terjun talang kemulun
  • Air terjun siluang bersisik emas
  • Air terjun ksen
  • Air terjun nyi maeh kupak
  • Air terjun pauh tinggi
  • Air terjun pancuran gading
  • Air terjun pancuran aro
  • Air terjun siulak kecil
  • Air terjun koto lebuh tinggi
  • Air terjun kumun
9217368969_950bf9eb28_z

Air terjun Sungai Medang (Tingkat Ke 3 )

paket komplit kerinci sebagai salah satu daerah yang unik dan wajib di kunjungi belum berakhir hanya sampai disana, Kerinci mengandung daya tarik lain bagi wisatawan yang tidak semata datang hanya untuk wisata alam saja. tak kalah oleh pesona wisata alam, Tanah kerinci menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai wisata Sejarah, kajian ilmiah tentang benda dan peninggalan  zaman dahulu seperti  menhir dan batu batu megalitik. bahkan sebuah Naskah Kuno yang di kenal dengan Naskah tanjung tanah menunjukkan fakta bahwa, Kerinci menjadi salah satu daerah di indonesia yang menyimpan cerita peradaban Tua di Indonesia.

 

hal yang selanjutnya membuat  betah berlama lama dan ingin kembali lagi ke kerinci adalah keramahan penduduk lokal. beberapa teman menuturkan demikian, masyarakat kerinci sangat “welcome” seakan selalu membuat kenangan bagi pengunjung datang, begitu bunyi salah satu slogan kabupaten kerinci yaitu “kenangan” .  jangan heran kalau sering mendengarkan tawaran untuk singgah ke  rumah mereka, meskipun itu hanya sekedar ngobrol basa basi, terima lah, karna itu adalah sebuah penghormatan.

14868091653_92c7c9c861_z

Kerinci Memang selalu jadi tempat yang di rindukan untuk yang pernah berkunjung kesini,  keramahan masyarakat lokal bagaikan selimut hangat di alam kerinci yang sejuk , keindahan panorama alamnya tidak berlebihan kalau diibaratkan  berada di dunia mimpi, dan ketika mimpi itu usai, tanpa terasa kita harus sudah mengemas barang meninggalkan sekepal tanah surga ini.

14845777444_4d7c1f06d0_z

Rumah Larik, Rumah Tradisional Kerinci

sumber:

wikipedia

http://kerincikab.go.id/potensi

http://www.merdeka.com/ekonomi-nasional/potensi-tambang-emas-kerinci-jambi-13-729-hektare-sxcjokk.html

http://www.pertamina.com/news-room/seputar-energi/menilik-proyek-panas-bumi-sungai-penuh/?alttemplate=print

Iklan

8 pemikiran pada “Sekepal tanah Surga Itu Bernama Kerinci

  1. Saya sering ke Kerinci (Kota Sungai Penuh ) thn 95 s/d thn 98…luaar biasa alamnya, jatuh cinta banget….sampai sekarang masih inget aroma nasinya bila sudah matang…tanpa lauk pun uueeenaaaak….danau kerincinya indah banget

  2. Salah satu pemandangan yang bikin mulut menganga di Kerinci itu adalah hamparan sawah seluas mata memandang di seputaran STAIN Kerinci. Aku masih penasaran sama air terjun di Kerinci. Tapi memang enaknya bawa kendaraan sendiri ya? Meskipun untuk sampai ke Kota Sungai Penuh itu hitungannya ya LAMA BANGET hahaha. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s