Pesona Pulau Benan

 

DSC_7442

Welcome Dance oleh Para Gadis Pulau Benan

 

Pulau Kecil yang dapat dicapai dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam menggunakan kapal Ferry cepat dari pelabuhan Sribintan Pura tg.pinang. Pulau ini adalah salah satu tujuan wajib bagi Traveller yang mampir ke KEPRI. Pulau Kecil dengan luas 500Km2  dengan populasi kurang lebih 200 kepala keluarga ini, menjadi salah satu daya tarik wisatawan di KEPRI. Akses menuju pulau yang tidak rumit, kita bisa menumpang Fery cepat tujuan Daek Lingga yang berangkat dari pelabuhan Sribintan Pura Tg. Pinang pukul 10 pagi.

DSC_7430

Selamat Datang di Pulau Benan

 

Keindahan pantai sebagai tempat rekreasi yang di kelola cukup baik oleh masyarakat dan pemerintah. Pantai yang bersih dengan garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru yang jernih, membuat Traveller pasti betah berlama lama beraktifitas di pantai. Pesona keindahan bawah laut dengan aktifitas snorkeling maupun diving, yang sangat sayang jika di lewatkan, sayangnya penulis sendiri tidak sempat menikmati keindahan bawah laut nya dikarenakan cuaca buruk, hanya mendengar cerita saja dari penduduk dan orang yang pernah ber-snorkling di perairan pulau Benan. Di pantai pulau benan terdapat cottage cottage yang di kelola secara bersama oleh warga setempat dan pemerintah kabupaten lingga. Disini kita bisa menyewa cottage dengan sangat terjangkau, 1 unit cottage di sewa dengan harga 200 ribu per malam nya, sebagian cottage terdiri dari 2 kamar, 1 ruang tengah dan ruang makan serta 1 kamar mandi. Untuk ukuran sebuah pulau kecil ketersediaan fasilitas sudah cukup mumpuni, meskipun masih ada keterbatasan, terutama listrik dan air bersih, Air bersih berasal beberapa sumur yang terdapat di sekitaran pulau, Listrik hanya hidup mulai dari sore hari hingga tengah malam saja, sumber tenaga listrik berasal dari mesin genset.

 

 

DSC_7641

Menikmati sunrise di Pantai Pulau Benan

 

DSC_7416

Pantai Pulau Benan

 

DSC_7651

Suasana Pagi di Pantai Pulau Benan

Sebagian besar penduduk pulau Benan adalah Nelayan, selain menangkap ikan dilaut, mereka juga membuat keramba untuk budidayaikan kerapu. Sebagian masyarakat lainnya mengolah hasil laut menjadi bentuk produk pangan laiinya, seperti kerupuk ikan, ikan teri Kering, cumi kering dsb.  Masyarakat Benan menetap di rumah rumah panggung sepanjang sisi barat pulau Benan, pantai Wisata adalah pantai pada sisi timur pulau.

DSC_7671

Seorang Pria sedang merakit Bubu. Bubu adalah sejenis Perangkat ikan yang biasanya terbuat dari kawat atau bambu

 

DSC_7528

Menjemur ikan bilis

 

DSC_7475

Anak anak Pulau Benan

Sebagian besar adalah suku melayu dan beberapa keluarga Suku Tiong Hoa. Masyarakat Benan terkenal sangat ramah menyambut dengan baik kehadiran wisatawan, Sepertinya masyarakat pulau benan sudah sedikit banyak menyadari akan “sadar Wisata”. Namun ada sedikit hal yang sangat disayangkan, pengelolaan sampah di pulau Benan masih kurang baik, sukar menemukan tempat sampah.

DSC_7595

Pentunjukan Joged dangkung, simbol keramahan penduduk pulau benan dan penyambutan bagi tamu yang datang

 

 

 

Tips Ke Pulau Benan :

 

  • Perjalanan terbaik adalah pada bulan Februari – Agustus (pertimbangan cuaca)
  • Bawalah perlengkapan pribadi yang sangat dibutuhkan, karena disana hanya da beberapa warung klontong
  • Karena listrik dan Air sangat terbatas, Persiapkan lah sebelum nya (senter, air mineral dll)
  • Persipakan perlengkapan Snorkling, karena tidak ada penyewaan
  • Disarankan mengikuti paket Wisata dari Biro Travel Lokal, karena biasanya berbarengan dengan program Visit Lingga yang disupport oleh Pemkab Lingga. Selain biaya lebih ringan, Fasilitas rekreasi tersedia lengkap secara gratis (bermain kayak, snorkeling, penginapan,BBQ, pertunjukan Joged dangkung  dll). Biasanya diselenggarakan 1 tahun sekali di pertengahan Tahun

 

 

 

 

Iklan

16 pemikiran pada “Pesona Pulau Benan

    • Terima kasih sudah mampir mas Halim santoso, saya sering mampir juga ke jejk bocah hilang 🙂 . untuk ke pulau benan, tiap tahun biasanya ada dua kali Trip kensana mas, saya juga masih nagih kesana, karna kmren khilangan moment snorkeling karna hujan, konon katanya view bawah lautnya pun kece. dan yag paling terkesan penduduknya ramah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s