[Ini Bintan] Pengudang, keindahan Bintan Utara yang tersebunyi

Pantai Pengudang nan indah, dan Batu junjung yang unik

Musim angin utara menjadi saat yang tidak begitu baik untuk acara jalan jalan di pulau ini, karena gelombang laut dan angin laut cukup kuat membuat orang bintan enggan untuk berpergian, apalagi kalau ingin melakukan aktivitas wisata laut dan pantai, pantai cenderung kotor karena sampah sampah dari laut yang terdampar di pinggir pantai ketika musim utara, dan gelombang laut cenderung tinggi, sehingga bagi yang tidak terbiasa berada di tengah laut dengan gelombang yang besar seperti saya ini, pasti lebih memilih untuk tidak berpergian dengan transportasi laut di musim utara 🙂 . oleh karena itu kunjungan terbaik ke pulau bintan adalah diantara bulan maret hingga September, biasanya cuaca dan gelombang laut cukup bersahabat.

Penantian panjang dari bulan september tahun lalu pun berakhir. Kini sudah bulan Maret, musim angin utara pun telah lewat. Sudah sejak lama saya di “racuni” teman teman di media sosial dengan foto foto keindahan pantai Bintan Utara, namun saya bersabar saja menanti setelah cuaca membaik. Allhamdulillah akhir pekan pada saat itu seperti menjadi trip pembuka bagi saya di tahun 2015 ini. Pantai cantik yang tersembunyi itu Terletak di Desa pengudang kec.teluk sebong, saya menghabisakan waktu berkendara dari kota Tanjung Uban sekitar satu jam setengah, berangkat pukul setengah lima pagi dengan harapan bisa mendapatkan foto atraksi alam matahari Terbit dari pantai nan cantik itu, namun sayang, ternyata rencana kami meleset, ketika sampai di lokasi sudah cukup terang untuk berburu matahari terbit, mungkin karena kami tidak berangkat lebih awal dan tidak terlalu mengetahui rute dengan pasti, maklum pengetahuan kami tentang lokasi dan medan menuju lokasi tersebut masih terbatas, ini merupakan pertama kalinya saya kesini, hanya berbekal cerita dari teman saja, “kalau kesana 15 menit juga sampai kalau berlari dari desa pengudang” bayangan saya rute mungkin sangat menyenangkan bisa “berlari”. ternyata kenyataan di lapangan tidak semudah yang kami bayangkan 🙂 . dua tanjakan lurus dengan kemiringan nyaris 45 derajat sedikit banyak melemahkan nyali mengendarai sepeda motor melewatinya, baik ketika hendak naik, maupun turun ketika pulang nantinya, terpaksa saya harus menuntun sepeda motor dengan Mesin dihidupkan agar lebih ringan menaiki tanjakan. Sesaat lepas dari dua tanjakan yang mengerikan itu, kami dibingunkan dengan tidak tersedianya jalan menuju pantai, dari ketinggian tempat kami berdiri hanya terlihat padang rumput ilalang dengan pantai di depannya, tanpa ada jalan setapak, mungkin orang sangat jarang lewat sini, sehingga rumput meninggi dan menutupi jejak jalan setapak itu. Akhirnya kami memutuskan untuk nekad menerobos alias terabas padang rumput, karena rasanya tidak jauh lagi dari garis pantai, hanya saja sedikit berusaha menerobos semak dan rerumputan 🙂

Pantai nan cantik di Desa pengudang itu di kenal dengan nama Pantai Batu Junjung, tak beberapa jauh setelah melewati desa pengudang dalam, Konon di beri nama pantai batu junjung karena di pantai terdapat batu berukuran besar dan diantara batu tersebut terdapat satu batu yang sangat unik, batu tersebut berada diatas batu yang lainnya, sekilas terlihat seakan akan batu yang di bawahnya seperti menjunjung atau di gendong oleh batu yang lain nya. Jika ditelusuri garis pantainya, pantai batu junjung ini tak terlalu jauh dari pantai pasir panjang senggiling  yang pernah di ceritakan di blog ini sebelumnya, namun kendalanya tidak tersedianya jalan yang memadai yang mengubungkan kedua tempat ini, kecuali lewat laut menggunakan perahu.

Berikut Map dan beberpa foto dari pantai batu junjung.

Bintan Map

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

4 pemikiran pada “[Ini Bintan] Pengudang, keindahan Bintan Utara yang tersebunyi

  1. halo! permisi tanya. jika saya ingin berwisata ke pulau bintan khususnya ke pantai junjung, akses ke tempat tersebut bagaimana? Adanya jasa rental mobil di sini? karena saya browsing semua paket wisata pulau bintan tidak menyertakan pantai batu junjung dalam itinerary mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s