Pulau Mapur Bintan, Pantai Pantai Indah tersembunyi

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pulau Mapur Bintan, Bisa disebut sebagai salah satu batas terluar Indonesia yang ada di kabupaten Bintan. Pulau yang berjarak  sekitar 20 mile laut dari  kota kijang bintan besar ini berbatasan langsung dengan laut cina selatan. Pulau Sentut, sebuah pulau kecil di perairan pulau mapur menjadi pertanda batas wilayah NKRI dengan ditandai sebuah tugu atau patok batas wilayah NKRI. Setiap peringatan hari hari besar kenegaraan, di pulau sentut kerab dilakukan kegiatan pengibaran bendera merah putih  guna selalu meningkatkan kepedulian atas batas terluar Negara di pulau kecil yg katanya semakin lama semakin menyusut termakan lautan ukuran daratannya nya ini.

 

Luas daratan Mapur diperkirakan  44 Km2, sedangkan  luas lautan sekitar kurang lebih 442 Km2, mapur  masuk kedalam wilayah administrative Kabupaten Bintan. Mapur dihuni lebih dari 200 kepala keluarga, Desa yang paling ramai adalah desa Nendiang, di Desa Nendiang terdapat fasilitas kesehatan, sekolah, masjid, dermaga, warung dll, Desa yang lainnya adalah Desa bebak dan kampong tengah.  Pulau Mapur banyak  terdapat pantai pantai yang indah, ada tujuh pantai yang di kenal disana, diantaranya Pantai belakang, pantang Larang, pantai sonseng, pantai Teluk hantu, pantai bantut, Pantai Mister, Pantai Kepala Mapur  meskipun belum banyak orang mengetahui tentang keindahan alam pulau Mapur, namun pulau mapur sudah di kenal sejak lama memiliki keindahan pantai dan keindahan bawah laut, terutama oleh wisatawan luar negeri. Wisatawan luar negeri dari resort resort di daerah trikora kerab ditawarkan  paket wisata  diving, snorkeling atau memancing di sekitaran perairan pulau Mapur, terbukti dengan adanya sebuah resort di pulau tersebut yang bernama Batuta Resort, Batuta resort sudah ada di pulau mapur di perkirakan sejak tahun 90-an, namun sayang karena sebab yang tidak di ketahui resort tersebut saat ini tidak beroperasi lagi.  Perairan pulau Mapur merupakan perarian yang masih alami, menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa, potensi perikanan yang berlimpah dan terumbu karang yang masih dalam keadaan baik. Namun sesuai dengan pengamatan, semuanya  itu tampak  tidak bisa dihindarkan pula  dari ancaman pencemaran dan pengrusakan. Di beberapa pantai bisa di temukan sisa sisa pencemaran tumpahan minyak, sampah dan masih adanya nya penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau di perairan tersebut.

 

 

Untuk mencapai Pulau Mapur kita bisa ikut pelayaran regular dari pelabuhan barek motor kijang pada hari sabtu, selasa dan kamis saja, dengan harga tiket satu orang 25 ribu  rupiah saja, KM.Mapur indah berlayar memakan waktu sekitar dua jam untuk dari pelabuhan barek motor ke pula mapur. Pelayaran dari pelabuhan barek motor kijang menuju Mapur di mulai pukul 14.00, sedangkan dari pulau mapur ke pelabuhan barek motor pukul 07.00 pagi di hari yang sama. Fasilitas untuk wisatawan masih sangat kurang , terutama penginapan. kemudian dikarenakan jadwal pelayaran tidak setiap hari, maka penginap adalah pilihan pasti. keputusan terbaik untuk menetap di pulau mapur adalah dengan cara mendirikan camp,  dan harus mepersiapkan bekal yang cukup selama di camp. Jika ingin puas menjelajah pantai pantai pulau mapur, menggunakan jasa guide lokal adalah suatu keharusan, Karena pantai pantai di pulau mapur tidak mudah di capai , Karena medan yang naik turun bukit dan masuk hutan untuk menemukan pantai, jarak tempuhnya pun beragam. Menyewa sepeda motor penduduk desa adalah keputusan terbaik untuk menghemat waktu dan tenaga  jika ingin menjelajah pantai pulau mapur.

 

Tips Berkunjung ke pulau Mapur

 

  • Karena jadwal pelayaran Barek motor – Mapur juga sebaliknya tidak setiap hari, menginap adalah suatu keharusan
  • Mendirikan camp adalah salah satu pilihan terbaik selain menumpang di rumah penduduk (jika ada kenalan)
  • Jika memutuskan untuk camp (terutama pinggir pantai), pastikan ketersediaan air bersih cukup, karena sumber air hanya ada di Desa nendiang (jauh dari pantai)
  • Pantai Belakang adalah tempat yang cukup nyaman mendirikan camp.
  • Mapur adalah daerah rawan Malaria, pastikan sudah membekali diri dengan Vaksin sebelum berangkat
  • Bekali diri dengan anti nyamuk ketika camp di pantai.
  • Jika ingin menjelajah pantai pantai di mapur, untuk menghemat tenaga dan waktu disarankan menyewa sepeda motor penduduk
  • Menggunakan Guide lokal adalah suatu keharusan, tersesat dihutan adalah mimpi buruk, karena jalan menuju pantai adalah jalan setapak menembus hutan dan belukar.
  • Informasi Transport guide dan segala sesuatunya di pulau mapur bisa kontak Guide Lokal sbb;  Mas Uji Mapur, di nomor berikut 085264597347

 

Iklan

25 pemikiran pada “Pulau Mapur Bintan, Pantai Pantai Indah tersembunyi

    • Terima kasih kikiwisaka… sya juga terinspirasi dari perjalanan anda kesini, terima kasih terkah berbagi…. itu kapal bantuan dari kabupaten, diperkirakan sekitar 4 tahun, yg dulu itu kapal kayu ya…? kapal kayu khususu untuk mengankut barang, namun karena kapal tersebut rusak, hanya satu kapal ini yang beroperasi… camp yang menyenangkan di pantai belakang 🙂

  1. terima kasih robby share soal bintan..
    saya dari dulu tertarik dengan bintan, hanya saja banyak yang bilang disana hanya ada wisata mahal.
    kalo boleh saya bisa minta kontak mas robby, mungkin dalam waktu dekat ini saya ingin mencoba meransel ke bintan..
    terima kasih.

    Salam..

  2. Saya rindu pulau mapur..thn 2007 say pernah fishing trip dan stay di pulau ini.
    Mantaps…
    Rencana 3 bulan lagi saya mau kesana, bikin home stay..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s