Ingat Gongong pasti ingat KEPRI, ingat KEPRI pasti ingat Gonggong

 

dsc_3175

Gongong adalah makanan laut favorit di Kepulauan Riau, Gonggong banyak terdapat di daerah pantai berpasir di daerah Pulau bintan, tanjungpinang dan pulau batam. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Provinsi KEPRI tidak mencicipi makanan khas ini. Gongong biasanya di olah sangat sederhana, gonggong yang di dapat dari laut cukup di bersihkan dengan air laut kemudian di rebus bahkan juga dengan air laut, gonggong di rebus beserta cangkang nya sebentar saja, dimakan dengan cara di cocol dengan saus sambal. Cara menikmatinya juga unik, yang belum pernah makan gongong pasti akan bingung bagaimana cara memakannya, biasanya di sediakan tusuk gigi untuk mencongkel isi di dalam cangkakang gongong dan di Tarik keluar kemudian di cocol saus sambal, nah.. disanalah keseruan makan Gonggong.

 

Saking terkenalnya gongong, setiap wisatawan yang datang ke KEPRI tidak akan melewatkan untuk menikmati panganan laut ini. Ingat Gongong, pasti ingat KEPRI, ingat KEPRI pasti ingat Gonggong. Mungkin hal tersebut yang melatar belakangi Gongong dijadikan Icon Ibu Kota Provinsi KEPRI Tanjungpinang Itu. Di sejalankan  acara puncak Sail Karimata dan Festival bahari KEPRI beberapa waktu lalu, KEPRI memanfaatkan momentum tersebut untuk meresmikan Ikon kebanggan masyarakat provinsi KEPRI tersebut, Sebuah Gedung dengan design moderen berbentuk gongong di resmikan oleh Mentri Pariwisata Arif Yahya pada Tanggal 29 Oktober 2016.

 

Ribuan masyarakat memadati Laman Bunda, tempat dimana gedung gonggong di bagun, bahkan sejak pagi hari area laman bunda dan Gedung gongong sudah di padati masyarakat yang hendak menyaksikan berbagai kegiatan dalam Festival Bahari KEPRI dengan cara puncak nya adalah peresmian Gedung gongong tersebut. Selain sebagai Icon Kota, Gedung ini kemudian akan difungsikan sebagai Pusat Informasi Pariwisata Kota tanjungpinang.

Iklan

4 pemikiran pada “Ingat Gongong pasti ingat KEPRI, ingat KEPRI pasti ingat Gonggong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s