Piknik Bersepeda ke “De Bintan Villa”

 

DSC_8822.JPG

Bagaimana bisa bersepeda bisa bikin kecanduan. Jelas saja bersepeda  bikin capek, sengsara, nelongso. Kok ya mau mengayuh sepeda sampai puluhan bahkan ratusan kilometer, kadang di bawah terik matahari bahkan hujan tak dihiraukan, apa sih nikmatnya…? Dan kok bisa kecanduan…? nikmatnya itu dimana…? .

Memang sukar dijelaskan dengan kata kata, apa dan bagaimana nikmat bersepeda, selain dengan harus mencobanya sendiri. Pecandu bersepeda selalu punya alasan masing- masing  untuk keluar rumah menemukan kenikmatan bersepeda, beberapa diantara mereka  mengatakan dengan bersepeda bisa menikmati udara segar dan keindahan kota, karena dengan bersepeda kita biasa menikmati secara lebih detail sisi sebuah kota ketimbang menggunakan kendaraan bermotor, manfaat olah raga sudah tentu juga menjadi alasan nikmat bersepeda, dengan berolah raga badan akan lebih bugar , kemudian bersepeda juga salah satu cara untuk bersosialiasi. Di jalanan, pesepeda bertemu orang -orang baru dan bersosialisasi dengan banyak orang, dan yang terakhir bersepeda membuat perasaan bahagia, dan masih banyak lagi alasan yang bias dikemukakan oleh mereka.

 

Gowes piknik Ke De bintan Villa

Akhir minggu kemarin, adalah jawaban dari rasa candu bersepeda saya dan beberapa teman  dari komunitas sepeda uban Go Bintan. Padahal belum lama beberapa waktu lalu kami mengadakan gowes Gembira dari tanjunguban – Lagoi sejauh 70km pulang pergi, minggu ini hasrat mengayuh sepeda sepertinya perlu di tunaikan kembali.

Setelah berdiskusi bersama beberapa anggota pengurus komunitas,  maka di tetapkanlah rute minggu ini adalah berkayuh sejauh 60Km pulang pergi dari tanjunguban menuju sebuah villa di kawasan desa Bintan Bekapur  bernaman De bintan Villa. Gowes Bareng kali ini lebih  bertemakan gowes sambil piknik, Kami memilih spot tujuan De Bintan Villa sebagai garis finish karena disana sangat  cocok sekali untuk tempat istirahat di rute tersebut.

Pagi itu langit cerah, meskipun tampak dari kejauhan embun belum beranjak dari punggung punggung bukit. Pukul 6.30 pagi, rombongan gowes bareng telah berkumpul di depan halte RSUD tanjunguban, titik kumpul di sepekati di sini karena merupakan titik pertemuan untuk menuju ke bintan bekapur, mengingat goweser  tersebar di daerah tanjunguban, srikuala lobam dan beberapa daerah lain, maka titik kumpul di tetapkan di pertengahan dari daerah tersebut .

20170115_064626

20170115_065354

Saya datang agak telat saat itu, dari kejauhan terlihat rombongan goweser tengah melakukan briefing , saya pun menggabungkan diri dengan kurang lebih 30 peserta saat itu. pak Effendi selaku ketua rombongan hari itu memimpin doa bersama, pertanda sebentar lagi kami akan sama -sama bergerak ke bintan bekapur menuju De Bintan Villa. Rute dari ttik kumpul hingga ke De Bintan Villa di perkirakan kurang lebih 30 kilometer, rombongan akan menggunakan jalur lintas barat pulau bintan untuk sampai ke tujuan. Jalanan relativ mulus dan datar, tidak begitu banyak tanjakan yang berarti, bagi sebagian goweser rute ini sebenarnya sangat menjemukan, akan tetapi udara segar dan pemandangan yang indah di sepanjang kiri dan kanan jalan akan sangat menghibur, bukankah menikmati keindahan alam adalah suatu kenikmatan saat bersepeda…

20170115_073601.jpg

DSC_8743.JPG

Kurang lebih satu jam tiga puluh menit mengayuh, goweser  “Uban Go” sampai di De Bintan Villa, semua peserta terlihat masih segar bugar, sepanjang pejalanan 35 km tadi peserta sangat menikmati perjalanan, tanda ada masalah yang berarti. Peserta memarkirkan sepedanya di parkiran dengan rapi  dan  menuju ke tempat peristirahatkan yang sudah di persiapkan untuk sarapan bersama .

DSC_8795.JPG

 

Beristirahat menikmati keindaan De Bintan Villa 

De Bintan Villa adalah salah satu villa yang unik dan indah yang ada di bintan. Kebanyakan villa, hotel dan resort di bintan di bangun dengan konsep  pantai, karena memang Bintan identik dengan pantai nya,  keindahan pantai pantai bintan memang terkenal keindahannya. Namun De Bintan villa hadir memberikan suasana dan kesan yang berbeda akan pulau bintan, Villa ini di bangun di tengah tengah pulau  Bintan yang terdiri dari perbukitan dan hutan hujan tropis, terletak tidak jauh dari gunung bintan, gunung bintan puncak  merupakan daratan tertinggi di pulau itu. pengunjung bisa merasakan sejuknya udara pegunungan khas hutan hujan tropis, terkadang bisa menyaksikan kabut ketika usai turun hujan.

dsc_8377

dsc_8534

Meski tergolong baru, fasililtas di villa ini sudah  cukup lengkap, villa di lengkapi dengan kolam renang, restaurant, arena olah raga outbound , track bersepeda, area pemancingan, kayak dll.  Suasana kamar cukup nyaman, sebagain besar kamar di bangun di lereng bukit, meskipun juga ada yang di bangun di bawah bukit. interior kamar terbuat dari bahan kayu, sedangkan kamar yang berada di bawah bukit adalah bangunan pemanen. fasilitas kamar juga cukup lengkap, beberapa kamar memiliki teras dengan view yang menawan, makanan dan minuman disini  juga enak enak, menu andalan adalah ayam penyet dan jus kedondong. Selain itu staff yang ramah juga membuat tempat ini begitu nyaman dan berkesan.

dsc_8464

dsc_8491

dsc_8532

dsc_8478

 

Sarapan sembari menjalin keakraban. 

Peserta berkumpul di sebuah gazebo yang sudah di siapkan oleh pengelola Villa. seluruh peserta berkumpul disini saling bercengkrama satu sama lain. Pak Efendi  ketua Regu hari itu berinisiatif untuk membuat suasana mencair dan akrab dengan mempersilahkan para goweser untuk saling memperkenalkan diri masing masing. Bisa di maklumi jika saat awal gowes tadi suasana masih kaku, sebab tidak banyak diantara kita yang saling mengenal,  antara anggota kemunitas jarang biasa bertemu kalau tidak acara gowes bareng seperti ini,  biasanya  hanya bertegur sapa via media sosial saja. Ini adalah moment yang sangat berkesan saat itu, suasana hangat sambil sarapan pun terjalin.

dsc_8903

dsc_8888

dsc_8869DSC_8876.JPG

dsc_8875

 

 

Rute pulang di revisi dan berfoto di Gurun Pasir 

Sarapan telah usai, kurang lebih 30 menit sudah kami disini, kami harus segera memutuskan untuk kembali ke titik awal, karena jika kesiangan, perjalanan pulang akan semakin berat karena matahari mulai tinggi dan dipastikan sepanjang perjalanan akan sangat panas. Salah satu anggota mengusulkan untuk merobah rute pulang ke tanjunguban, dengan alasan rute sebelumnya pasti akan sangat menguras tenaga dan sangat membosankan karena track cenderung datar dan lurus. Akhirnya kami sepakat untuk merobah arah di simpang penaga , berbelok ke sebelah kanan menuju desa kuala sempang. Rute ini cenderung teduh dan jalanan tidak membosankan karena melewati jalanan yang membelah perkampungan. Peristirahatan pertama saat pulang adalah Jembatan Busung, rombongan berhenti di pinggir jembatan untuk melepas lelah. Perjalanan pulang lebih berat ketimbang saat berangkat tadi, saat berangkat tadi kami hampir tidak beristirahat hingga sampai ke tujuan, di jembatan busung ini adalah peristirahatan pertama kami ketika perjalanan pulang

20170115_093309.jpg

Sembari beristirahat , kami merencanakan untuk singgah di  “gurun pasir” desa busung, Kebetulan memang melewati tempat tersebut. Gurun pasir busung adalah salah satu spot yang populer  di kunjungi wisatawan jika ke di bintan. Dahulunya tempat ini  sebenarnya adalah bekas tambang pasir biasa yang telah di tinggalkan oleh penambang, namun belakangan ramai di kunjungi wisatawan karena keunikan tempat tersebut. Area bekas pertambangan yang  sangat luas dan tandus, seakan akan seperti di padang pasir. Rombongan singgah sebentar untuk sekedar berfoto bersama di “gurun pasir”.

20170115_094841.jpg

DSC_8928.JPG

DSC_8999.JPG

 

Dijamu Pak Long dengan minuman Segar.

Hampir pukul sebelas siang, rombongan akhirnya menuntaskan perjalanan dengan kembali ke titik keberangkatan, perjalanan berjalan lancar, meskipun beberapa anggota sempat “naik podium” (naik pickup). Tidak masalah “naik podium”… yang penting kebersamaan terjalin, memaksakan diri disaat tubuh tidak dalam kondisi baik adalah suatu hal yang fatal, beruntung  panitia gobar telah menyiapkan mobil pickup untuk mengangkut konsumsi dan tujuan emergency .

Sebelum bubar, salah seorang anggota Senior bernama Pak Long, mengundang untuk minum minuman segar di rumahnya, kebetulan, perjalanan pulang melewati rumah beliau, jadi sebagian besar peserta memenuhi undangan, terima kasih Pak Long…

DSC_9008.JPG

DSC_9017.JPG

Sembari beristirahat dan minum minuman segar di teras rumah Pak Long,  Peserta gowes melakukan breafing singkat tentang hal teknis rencana keberangkatan menghadiri kegiatan Fun Bike di kota tanjungpinang yang akan di gelar pekan depan. Rencananya pekan depan kurang lebih 40 peserta dari komunitas sepeda Uban Go akan menghadiri event tersebut, segala sesuatu persiapan tentang keberangkatan di bicarakan sembari istirahat di rumah pak long. Setelah breafing selesai, peserta pun membubarkan diri sembari saling bersalamanan.

DSC_9018.JPG

Piknik bersepeda itu seperti ini

selalu saja terselip kebahagiaan di tengah raga yang letih setiap usai  bersepeda, meskipun berjam-jam mengayuh sepeda namun perasaan bahagia mengalahkan rasa lelah. pengalaman di sepanjang perjalanan, menemukan sahabat baru, pemandangan yang indah di sepanjang jalan, bergurau dan bercengkrama dengan rekan sesama goweser adalah sisi lain dari kenikmatan bersepeda. sisi lain piknik para pesepeda itu salah satunya adalah seperti hal hal seperti ini, kebahagiaan yang tak tampak oleh mata, namun hanya bisa dirasakan oleh yang telah melaluinya.

 

Note ;

  • untuk informasi dan reservasi De bintan Villa bisa menghubungi pak Lukman di nomor berikut ; 081390705771  atau kunjungi  https://debintan.com/ 
  • lampiran rute gowes RSUD Tanjunguban  ke De bintan Villa  sebagai berikut  ; Strava
Iklan

7 pemikiran pada “Piknik Bersepeda ke “De Bintan Villa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s