Music Camp, ajang para mentor berbagi pengalaman

 

Akhirnya Bajafash Hari ini di mulai dengan kegiatan Music Camp. Program Music Camp menghadirkan musisi-musisi jazz handal bahkan diantaranya telah menjadi legenda music Jazz. Nama besar seperti Indro Hardjodikoro ( Jazz Bass Class ), Balawan ( Jazz Guitar Class ), Andy Gomez ( Jazz Piano Class ) dan ketiganya dari Indonesia. Semakin luar biasa dengan kehadiran mentor-mentor dari Malaysia yaitu Zahid Ahmad ( Drum Class ), Azmi Hairudin ( Saxophone Class ), Stan Calvin ( Tabla & Music Apps ).

Matahari bersinar terik siang itu di “Theme Park”, sebuah ruang terbuka dengan view lautan biru yang menawan di salah satu sudut Batam View resort Nongsa. Hari ini, Theme park akan menjadi tempat pelaksanaan  “Music Camp” yang merupakan rangkaian dari event BAJAFASH 2108. Di atas panggung sederhana, Zahid Ahmad dan Stan Calvin tampak sedang mempersiapkan instrumen mereka masing-masing,  Zahid Ahmad dengan drum set nya, sedangkan stand calvin dengan Tabla nya.  Di belakang stand calvin, Balawan sang guitaris pun tengah mempersiakan guitar dan pedal effect nya. tak lama, Andi gomes pun terlihat mempersipakan keyboard nya di sudut panggung. Kurang lebih 15 orang akan musisi lokal batam telah hadir di Theme park untuk menghadiri sesi sharing pengetahuan bermusik yang telah mereka nanti nanti itu. Di pandu Oleh Teungku Ryo, seorang pemain biola ternama di indonesia,  Music camp di mulai.

Sebagai “warming up” Zahid Ahmad dan Stan Calvin menunjukkan kebolehannya memainkan instument, menampilkan skill individu  mereka masing masing, secara spontan Andi Gomesa pada keyboard dan Balawan pada guitar ikut mengiringi. Kurang lebih tujuh menit zahid ahmad dan stand calvin  unjuk kebolehannya dalam ber-improvisasai secara spontan membuat para peserta music camp kagum dan disambut oleh riuh tepuk tangan. Peserta masih tampak malu malu bertanya, namun  Teungku Ryo coba mencairkan suasana, mengajak para peserta untuk bertanya apa saja tentang musik, bahkan di perislahkan untuk “nge-jam” dengan para musisi-musisi  ternama tersebut.  Agar lebih memancing antusias peserta,  band dadakan yang berisi kumpulan mentor musik ini kembali memainkan musik ber-irama jazz secara spontan, Steve Thornron, pemain perkusi legendaris asal amerika, ikut bermain di lagu kedua ini, peserta music camp tampak semakin antusias, di tengah permainan lagu kedua, Basis senior asal indonesia Hendro Harjodikoro yang baru saja tiba di lokasi musik camp, segera bergabung tanpa sedikitpun permainan tersebut terusik, mereka langsung “blend” dalam permainan musik mereka satu sama lain secara spontan. Berikutnya sesi sharing berjalan lebih cair, peserta mulai melemparkan pertanyaan –pertanyaan seputar teknik bermusik, bahkan beberapa peserta tampak tak segan segan berdiri di samping para mentor untuk menyaksikan sendiri pra mentor memainkan instrumen musik nya. “peserta boleh berdiri di samping para mentor, melihat langsung mereka dari dekat, menyaksikan  bagaimana mereka bermain bahkan melihat bagaimana mereka men-setting amplifier dan sebagainya, silahkan… manfaatkan kesempatan ini” ujar Teungku Ryo yang memandu sesi music camp.

Kesempatan bisa ber-interaksi dengan para mentor merupakan   kesempatan yang langka, disini peserta mendapat bimbingan dan nasehat secara langsung seputaran teknik dan juga pengalaman bermusik dari dari para mentor. Satu persatu mereka berbagi pengalaman mereka kepada para peserta. Balawan, Musisi asal pulau Bali dalam kesempatan itu mengatakan “ saat ini,  siapa saja mungkin bisa belajar teknik secara mandiri dari kemudahan informasi di internet, seperti youtube dan sebagainya, bukan tidak mungkin  jika kamu rajin berlatih kamu juga akan  mampu memainkan Not seperti yang Joe satriani mainkan, namun yang tidak bisa kamu dapatkan adalah pengetahuan yang di dapat dari pengalaman yang dihasilkan dari “jam terbang”, di sesi seperti ini lah informasi seperti itu bisa kamu dapat kan”.  Disamping itu Steve Thornton sang legend juga ikut memberikan nasehat bagi para pemusik pemula batam yang hadir pada saat itu,  Steve mengatakan, “untuk menjadi musisi, kamu harus menemukan musisi yang menginspirasimu, dengan cara tersebut akan membantu kamu belajar lebih mudah”. Di kesempatan yang sama, Basis Indro Harjodikoro memberikan tips bermain musik secara spontan dalam sebuah group. Menurut Indro, untuk dapat bermain dengan spontan, musisi harus sering mendengarkan dan mengenal banyak lagu, “dari permainan berapa lagu tadi kami tidak pernah latihan sebelumnya, semuanya terjadi secara spontan disini, “ yang membuat kita bisa blend saat sesi “jamming” adalah karena kita tahu lagu tersebut, minimal penah dengar deh, jadi bisa gampang ngikutin teman teman bermain” Indro menambahkan.

Music camp terus berlanjut semakin seru hingga ke peghujung acara, tampak antusias para peserta tidak dapat dipenuhi dengan waktu yang tersedia, terlihat para peserta masih  tampak berinteraksi secara personal meskipun acara telah usai. Music camp merupakan program baru dalam BAJAFASH setelah tiga kali berlangsung di batam, harapan dengan program ini akan membantu para talenta-talenta lokal Jazz batam untuk dapat menjadi lebih baik dalam berkarya berkat bimbingan dari para mentor berpengalaman, seperti yang di sampaikan oleh Ibu Indina, penggagas BAJAFASH dalam koferensi press sebelum rangkaian Bajafash dimulai. “Kita sudah datangkan para mentor-mentor yang berpengalaman ke batam, harapannya agar dari tangan mereka akan lahir pula musisi musisi handal dari kota batam” ..

Program Music camp masih akan berlanjut hingga tanggal 17 maret di Batam View, pada tanggal tersebut Balawan dan Indro Harjodikoro akan kembali berbagi tips dan pengalaman secara intens dengan para peserta.

Iklan

Satu pemikiran pada “Music Camp, ajang para mentor berbagi pengalaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s