“Seni” makan di Los Lambuang

 

Sumatra barat mungkin salah satu tempat di indonesia dimana kamu bisa berwisata dengan memanjakan seluruh panca indera.
Bentang alam nan indah, seni dan budaya nan megah sampai kuliner yang memanjakan lidah. Soal memanjakan lidah, panganan sumatra barat yang menggoda sudah bukan hal baru di dengar, kuliner pedas berlemak dan kaya rempah sangat melekat di benak setiap orang tentang masakan dari sumatra barat atau nasi padang.

Masakan padang tak hanya terkenal kaya dari cita rasa, tapi juga cara penyajiannya yang mungkin tiada dua di nusantara. Penah lihat pelayan di kedai “nasi padang” dengan sederetan piring memenuhi kedua lengannya…? Nah…”Manatiang piriang” adalah “seni” yang orang orang ingin lihat di kedai ” nasi padang” . Orang minang di kenal “nyeni” , tak hanya seni bermain saluang seni silek ataupun pandai sikek, menyajikan makanan pun ada “seni” nya.

Ngomong ngomong tentang seni menyajikan makanan ini, pernahkan kami tahu tentang Nasi kapau di “Los Lambuang” di Pasar atas Bukitinggi…? “Los Lambuang” adalah tempat sekumpulan penjaja “Nasi Kapau”, kedai nasi khas dari Nagari kapau di bukittinggi. Selain lauk pauk nya yang berdeba dengan nasi padang, penyajiannya juga unik. Lauk pauk disusun sedemikian rupa berbentuk piramida mengelilingi si penjaja, penjajaj Nasi kapau menyendokkan gulai dengan menggunakan sendok dengan tangkai yang panjang.
Pembeli duduk di depan lauk pauk sambil menikmati atraksi “etek-etek” penjaja nasi kapau menyendokkan Beragam gulai dan sambal menggugah selera ke nasi yang kamu pesan.
Gulai ayam, gulau tambonsu, dendeng lamboK, gulai tunjang, gulai kapalo ikan, rendang dan lain lain adalah salah satu menu khas nasi kapau. Mau pilih yang mana tinggal tunjuk saja mana yang kamu suka…

Selamat makan siang sobat…

Bukitinggi – sumatara 2018

 

 

Iklan

Satu pemikiran pada ““Seni” makan di Los Lambuang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s