[Ini Bintan] Konservasi Padang Lamun Pulau Bintan

  DSC_1324_5_6_tonemappedkecil

Padang Lamun adalah salah satu dari rantai ekosistem akuatik yang sangat menentukan kelangsungan ekosistem laut, mangrove dan Terumbu karang.ekosistem laut akan terjaga dengan baik jika ketiga rantai ini tidak terputus. sayang nya program konservasi atas tiga mata rantai ini, hanya terkesan di titik beratkan pada konservasi magrove dan terumbu karang saja, sedangkan konservasi atas padang lamun jarang terdengar, padahal Padang lamun mempunyai peranan sangat penting untuk menjaga kelestarian Magrouve dan terumbu karang. 

Lamun akan hidup dimana kedua rantai penting itu (magrouve dan terumbu karang) berada. Lamun akan tumbuh pada perairan dangkal, tidak lebih dari perairan dengan kedalaman 3 meter. Padang lamun selain berfungsi sebagai tempat ikan mencari makan, dan berlindung, lamun juga berfungsi untuk tempat perkembangan dari bibit bibit ikan, beberapa biota laut bernilai ekonomi tinggi juga hidup disana, seperti teripang, udang, penyu, ikan duyung (Dugong) dan jenis kerang kerangan.

 

DSC_1366

 

Jika kita lihat dari sisi ketahanan ekosistem laut, Padang lamun sangat mempunyai peranan penting terhadap hal itu, padang lamun merupakan bagian paling awal melindungi magrove dan daratan dari gelombang laut, sehingga efek erosi dapat di kurangi. Disamping itu padang lamun juga memiliki fungsi perlindungan bagi terumbu karang di dasar laut, yaitu menghambat efek sedimen dan pencemaran dari daratan sehingga menjaga kualitas air laut, sehingga proses photosintesis terumbu karang dapat berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, keberadaan tiga matarantai tesebut (mangrove, padang lamun, dan terumbu karang) adalah mata rantai yang tidak boleh terputuskan. jika salah satu dari sistem tersebut rusak, maka kelestarian ekositem laut akan terganggu.

DSC_1355

 

Pulau Bintan, adalah salah satu daerah di indonesia yang di tunjuk untuk menjadi daerah konservasi padang lamun,  dikarenakan  perairan pulau bintan sangat banyak terdapat padang lamun, area terbesar padang Lamun adalah di kawasan pesisir timur pulau Bintan dan beberapa pulau pulau kecil seperti Pulau Mapur . Untuk mendukung program konservasi tersebut, pemerintah kabupaten bintan telah menetapkan beberapa daerah di pulau bintan sebagai daerah perlindungan Padang lamun, diantaranya Teluk Bakau, Desa Malang rapat, Telok sebong dan Tanjung Berakit

 

DSC_1504

Iklan

Satu pemikiran pada “[Ini Bintan] Konservasi Padang Lamun Pulau Bintan

  1. Ping balik: 8 Wisata Pulau Bintan yang Harus Kamu Kunjungi Setelah Kabut Asap Menghilang Nanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s